Even Terbaru

No events

Mitra

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Home Program Student Technopreneurship i-STEP i-STEP 2012 Pengumuman Hasil Seleksi i-STEP 2012
Pengumuman Hasil Seleksi i-STEP 2012 PDF Print E-mail

Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi Anda dalam i-STEP 2012. Berdasarkan seleksi terhadap 251 proposal yang masuk ke Sekretariat RAMP-IPB, 25 proposal dinyatakan lolos dan 50 pengaju proposal tersebut memenuhi syarat minimal semester sehingga berhak mengikuti pelatihan i-STEP 2012 yang akan diselenggarakan pada tanggal 2-16 Juli 2012.

Kami akan mengirimkan surat pengumuman dan panduan peserta i-STEP 2012 melalui e-mail ketua kelompok. Mohon pengumuman dan panduan tersebut dibaca dengan baik dan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan dilengkapi. Apabila dari kelompok yang dinyatakan lolos seleksi tidak dapat memenuhi persyaratan, maka keikutsertaan dalam pelatihan i-STEP 2012 dinyatakan gugur dan digantikan oleh peserta cadangan.

Proposal yang diajukan secara berkelompok terpilih dengan syarat sebagai berikut:

  • Memenuhi syarat semester yang ditetapkan (D3: minimal semester 2, S1: minimal semester 4).
  • Tiga (seluruh) pengaju proposal (ketua dan anggota) ikut pelatihan i-STEP 2012, jika berasal dari tiga jurusan yang berbeda.
  • Dua pengaju proposal ikut pelatihan i-STEP 2012, jika seluruh pengaju tersebut berasal dari jurusan yang sama.
  • Dua pengaju dengan jurusan yang berbeda ikut pelatihan i-STEP 2012, jika dua pengaju berasal dari satu jurusan yang sama dan satu pengusul berasal dari jurusan yang berbeda.


Berikut ini daftar pemenang i-STEP 2012:

  1. Ristiyanto Adi Putra dan . Ardy Nugroho Yulianto - Institut Teknologi Sepuluh Nopember: Carbon Dioxide Separation System pada Pembuangan Asap Marine Engine sebagai Penghasil Energi Alternatif dengan Optimalasisi Suplai Karbon Dioksida pada Ganggang (Botrycoccus, sp)
  2. La Nane dan Suci Andiewati - Universitas Hasanuddin: Potensi Mesin Teknologi Sapurata dalam Mengoptimalisasi produksi Gonad bulu babi (Kukure) di Pulau Barrang Lompo, Makassar.
  3. Muh. Fajar Nuh Pratama dan Muhammad Akbar Riyadi - Universitas Muhammadiyah Surakarta: Alat Pengupas Sabut Kelapa dengan Sistem Ulir Vertikal untuk Meningkatkan Jumlah Produksi Kelapa di Daerah Boyolali dan Klaten.
  4. Hasti Wuryani - Politeknik Negeri Lampung: Teknologi Pengembangan Proses Produksi Kopi Luwak menggunakan Enzim Papain
  5. Arief Muhammad dan Dhimas Bagus Nugraha - Institut Pertanian Bogor: Produksi Masal Cacing Sutra Oligochaeta dengan Sistem Resirkulasi Berbasis Home Industry sebagai Upaya Peningkatan Perekonomian Rumah Tangga (RTP): Hemat Lahan, Air dan Listrik.
  6. Peni Hardiyanto dan Darmiati - Universitas Islam Riau: Natural Filtration
  7. Debi Nitami dan Triyatun Universitas Bengkulu: Kitin dan Kitosan dari Kulit Telur Ayam sebagai Pengawet Produk Basah.
  8. Rathi Nurwigha, Hairunnisa dan Yulita Iin Astiyawati - Institut Pertanian Bogor: Biopelet Sekam Padi dengan Penambahan Bekatul sebagai Bahan Bakar Alternatif Terbarukan yang Ramah Lingkungan.
  9. Andrisman Satria dan Ilham Khalid - Universitas Teuku Umar Meulaboh: Alat Penyaring Air Gambut Berbasis Rumah Tangga, Praktis dan Ekonomis.
  10. Muchamad Muchlas dan Adwin Setywan - Universitas Brawijaya: WIVETURATOR: Inovasi Alat Pasteurisasi Susu dengan Gelombang Microwave yang Efisien dan Efektif.
  11. Abdul Manan dan Made Yudithia Krisnabayu - Institut Teknologi Sepuluh Nopember: Converter Kit Alat Penurun Tekanan untuk Kendaraan Berbahan Bakar Gas
  12. Ayu Suandari Larasati dan Febby Atridya - Politeknik Negeri Jakarta: Pengembangan Alat Konversi Sampah Plastik Berkapasitas 100kg menjadi Bahan Bakar Minyak sebagai Solusi untuk Mengurangi Sampah Plastik di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Kota Depok.
  13. Andy Suryansah dan Agung Tarmudi - Politeknik Elektronika Negeri Surabaya: E-Motrap (Electrical Mosquito Trapper).
  14. I Made Eldy Yana, Ni Luh Wayan Novia Dewi dan Kadek Eka Diyatmika - Universitas Haluoleo: Mesin Pengering Kakao Tipe Oven Sistem Tertutup dengan Energi Biomassa dan Energi Matahari.
  15. Esha Ardhie dan Shaila Rustiana - Institut Pertanian Bogor: Pemanfaatan Limbah Kertas sebagai Campuran Elektrolit pada Baterai Kertas ramah Lingkungan.
  16. Mary Fitriyah dan Wa Nur - Universitas Ahmad Dahlan: Green Repellent : Pemanfaatan Limbah Kulit Jeruk yang dikombinasikan dengan Minyak Cengkeh dan Minyak Kayu Putih sebagai Repelan dan Aromaterapi.
  17. Gabriella A. Assad dan Yoan Y. Bolung - Universitas Sam Ratulangi Manado: Alat Pembuatan Kopra Putih dengan Memanfaatkan Panas terbuang dari Destilasi Pembuatan Asap Cair (Liquid Smoke) Tempurung Kelapa.
  18. Nihayatun Ni'amah dan Desi Ragil Mustofa - Universitas Gadjah Mada: Power Filter (Photo Water Filter) Filter Bebas Bakteri Berbasis Fotokatalisis Titania (TiO2) sebagai Inovasi Baru Penjernih dan Pensteril Air.
  19. Kusmani dan Zulia Setyaningrum - Universitas Muhammadiyah Surakarta: Rekayasa Produk Pertanian Lokal Implementasi Agroindustri Produksi Sereal Kapajati sebagai Lovastatin di Daerah Sukoharjo.
  20. Asep Andi dan Heri Heriyanto/Fajar Febriyadi - Institut Pertanian Bogor: MATRIX: Alat Pencetak Opak Aci sebagai Langkah Efisiensi Produksi Home Industry di Tasikmalaya.
  21. Muhammad Fauzan dan Muzakkir - Universitas Malikussaleh Aceh: Alat Penggarut Ubi dan Pembuat Keripik Ubi.
  22. Hoirun Nisak dan Elwin - Universitas Brawijaya: Jo-Lic ("Jasminum offcinale" Oil - Solvent Electric): Efisiensi Proses Ekstraksi dan Peningkatan Mutu Minyak Atsiri Concrete dari Bunga Melati Gambir (Jasminum officinale) dengan Teknologi Kejut Listrik (Pulse Electric Field)
  23. Siti Rohani dan Nurul Astuti - Universitas Lambung Mangkurat: Ultrasonic Pen Pengusir Nyamuk Portable.
  24. Muchtar Dewan Prasetyo - Universitas Lampung: Pupuk Organik Tricoderma sp Hara Makro Pengendali Busuk Buah Kakao.
  25. Wulandari dan Robi Sobirin - Institut Pertanian Bogor: Virtual Whiteboard.

 

Daftar Peserta Cadangan i-STEP 2012 (di pilih berdasarkan nomor urut jika pemenang i-STEP 2012 ada yang mengundurkan diri:

  1. Fajar Mardhi Hutama dan Teguh Saputra - Institut Teknologi Sepuluh Nopember: Ammonia Fuel Cell (AFC): Solusi Masalah Pencemaran Lingkungan dan Krisis Energi
  2. Muhamad Atabika Farma Nanda dan Peny Setya Nugraha - Universitas Gadjah Mada: "STIMUNO HERB" Inovasi Imunostimulan Herbal Bervitamin guna Meningkatkan Respon Vaksinasi Koksidiosis pada Peternakan Ayam Rakyat
  3. Rizky Hadi Oktiavenny dan Nova Suparmanto - Universitas Negeri Yogyakarta: Kompor Batik Cerdas Berbasis Mikrokontroler ATMEGA 16 untuk Industri Batik Tulis
  4. Agung Wibisono dan Wisnu Wicitra - Politeknik Pratama Mulia Surakarta: Hiasan Multifungsi
  5. Yudi Muchtar PK Siregar dan M. Abidin Soleh Sidabalok - Politeknik Negeri Medan: Jam Tangan Pendeteksi Urat Nadi
 


Copyright © 2011 RAMP IPB. All Rights Reserved.