Login Member
LOGIN MEMBER
Email / Username
Password
        Keep me signed in

Don't have an account? Create One.

Or you can

Tentang i-STEP


Program ini dirancang untuk memberikan bekal dan mendampingi mahasiswa dalam membawa ide atau solusi teknologi sampai menjadi suatu usaha atau kegiatan yang menciptakan nilai di masyarakat seperti tampak pada skema dibawah. Mahasiswa dengan ide atau solusi teknologi dalam pemenuhan kebutuhan dasar atau pembangunan berkelanjutan mengikuti program ini untuk mempelajari kelayakan ide atau solusi teknologi dalam menyelesaikan suatu masalah, mengidentifikasi intervensi yang dibutuhkan dan mengkomunikasikannya dalam suatu proposal. Proposal ini kemudian diharapkan mampu untuk berkompetisi untuk memperoleh fasilitasi inkubasi RAMP.

 

i-STEP terbuka untuk mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan khususnya mahasiswa semester akhir (S1 minimal semester 4, D3 minimal semester 2) dari semua jurusan di berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia, yang memiliki minat dalam pengembangan invensi dan inovasi dan/atau technopreneurship serta memiliki ide atau solusi teknologi untuk menyelesaikan permasalahan dalam bidang WEHAB (Water, Energy, Health, Agriculture, Biodiversity).

istep

Mahasiswa diminta mengirimkan proposal sesuai dengan format dalam panduan iSTEP untuk mendeskripsikan ide-ide dan rencana mereka dalam menciptakan dampak pada masyarakat. Tahapan seleksi dilakukan melalui seleksi administratif dan seleksi substantive oleh para pakar. Proposal terpilih akan diundang untuk mengikuti pelatihan yang berisi serangkaian perkuliahan (berbagi pengalaman), tugas individu dan kelompok, konsultasi dengan pakar dan ajang workshop yang akan mendukung mahasiswa-mahasiswa dalam perencanaan dan pengembangan proposal/rencana bisnis untuk invensi/inovasi mereka.

 

Tujuan i-STEP adalah:

  1. Untuk meningkatkan kemampuan berinovasi dan keahlian technopreneuship dalam menciptakan nilai di masyarakat.
  2. Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyediakan solusi teknologi dalam penyelesaian masalah nyata di masyarakat.
  3. Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa, sehingga mampu berkompetisi dalam Prototyping Program (prafasilitasi inkubasi) atau Mentoring Program (fasiltasi inkubasi).


Luaran dari program ini adalah:

  1. Mahasiswa-mahasiswa dengan kemampuan technopreneurship dan mentalitas inventif/ inovatif yang meningkat.
  2. Proposal-proposal yang berkualifikasi untuk mengikuti Pre-Mentoring Program atau Mentoring Program RAMP Indonesia.